Makanan yang Dilarang untuk Penderita Asma

Patuhi larangan itu, bermakna Anda telah membuat perlindungan diri kita. Ketahuilah makanan tersebut bukan pemicu asma, melainkan makanan yang butuh dijauhi sebab beberapa faktor khusus. Karena itu, Anda harus jeli memilih makanan yang akan dikonsumsi.

Berikut beberapa makanan yang harus dijauhi oleh pasien asma Produk olahan susu seperti es cream, yogurt serta susu cair (susu kerbau serta susu sapi) yang dikonsumsi setiap hari bisa jadi pemicu serangan asma. Serta, produk olahan susu bisa mengakibatkan mengi serta batuk pada pasien asma.

Mengonsumsi kacang, khususnya kacang tanah, harus juga dibatasi. Kacang-kacangan memang lezat tetapi, jika Anda mempunyai asma, konsumsi kacang bisa menyebabkan serangan. Jadi kacang harus juga dijauhi.



Produk makanan yang memiliki kandungan pengawet (benzoate, sulfat, gallates) serta pewarna (seperti E102, E104 serta E110) harus dijauhi, sebab ini bisa mengakibatkan iritasi serta alergi. Anda harus juga hindari minum anggur serta bir.

Makanan lain yang perlu dijauhi adalah makanan yang memiliki kandungan ragi atau jamur seperti roti serta keju biru, coklat, kue, muffin, serta gula putih harus dijauhi. Selain itu, mengonsumsi garam harus dikurangi. Anda bisa mengubahnya dengan rempah-rempah yang bisa tingkatkan rasa untuk makanan .

Beberapa buah-buahan serta sayuran seperti pisang masak, lemon, juice buah asam, buah asam, acar, kentang, polong-polongan serta umbi-umbian cukup beresiko. Anda bisa konsumsi daging putih, daging merah serta ikan tapi cuma dalam jumlahnya kecil.

Tetapi, hindari ikan laut.
Beberapa makanan lain yang diketahui untuk pemicu asma ialah telur, buah jeruk, gandum, serta produk kedelai.

 Telur harus dibatasi atau dilarang untuk pasien asma. Buah jeruk, yang mempunyai sisi yang kurang lebih berbulu, dilarang untuk pasien asma. Gandum serta kedelai dapat menyebabkan serangan.

Makanan yang sudah alami proses pemrosesan pun tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh pasien asma. Riset memperlihatkan jika makan makanan olahan mempunyai cenderung untuk menghasilkan makin banyak lendir yang akan menyempitkan skema pernafasan.

Tentu saja, dengan hindari makan makanan pemicu serangan asma, bermakna Anda telah membuat perlindungan diri dari serangan yang mudah sampai yang lebih serius. Meski begitu, butuh diingat bahwa makanan yang Anda makan peluang bukan pemicu langsung dari serangan.

Demikian beberapa jenis makanan yang harus dijauhi oleh pasien asma. Hati-hatilah dalam pilih jenis makanan untuk dikonsumsi, periksa makanan Anda secara baik sebelum Anda mengkonsumsinya. Ini ialah hal yang simpel untuk dikerjakan, kan?

Referensi : https://fajrialhadi.com/obat-asma/