Cara Berkompetisi Sehat di Tempat Kerja

Bersaing dengan cara sehat tujuannya dengan lakukan beberapa hal sesuai dengan ketentuan etika yang berlaku. Beberapa orang terkadang menghalalkan semua langkah untuk sampai keberhasilan, begitupun dengan dunia kerja. Tempat yang tinggi, upah yang mengundang selera, punyai kekuasaan serta kelebihan lain yang dapat didapat mengakibatkan orang ingin sampai tempat setingginya dalam berkarir.

Menurut sebagian orang arif yang penting itu sebetulnya bukan tempat apa yang sukses diraih (result) , janganlah lupa bagaimanakah cara meraihnya tidak kalah penting (proses) . Sia-sia sukses berkarir tetapi dengan menjatuhkan orang lain. Jika ini umumnya rizki yang kita peroleh tidak karunia.



1. Berpikir positif jika persaingan ialah hal yang sehat.

Mengapa persaingan sehat? sebab cukup dengan persaingan dapat membuat kita belajar untuk lebih bagus denganmemaksimalkan potensi kita, arti kerennya “push the limit”. Disamping itu dengan persaingan, kita akan mempunyai loyalitas pada kita selalu untuk tingkatkan kualitas diri, jika tidak ada persaingan kelak kita akan merasakan kita telah bagus serta cepat merasakan senang, walau sebenarnya belum pasti lho.

Terutamanya di dunia kerja, sebab perform kita akan dipandang oleh beberapa faksi, karena itu persaingan akan tingkatkan potensi kita untuk kerja dengan orang lain bertambah lebih bagus. Yang perlu dibuat memang langkah berpikir positif jika dari pertama beberapa orang yang berada di lingkungan persaingan kita ada cuma untuk bikin kualitas kita bertambah bukan untuk bikin kita merasakan tidak aman (insecure) .

2. Mempersiapkan serta menguatkan mental.

Bagian lain dari sehatnya bersaing tentunya jika akan ada beberapa orang yang tidak suka dengan perolehan Anda serta sista. Waktu saya masih kerja di perusahaan Amerika dimana iklim perusahaan benar-benar bersaing, saya seringkali bertemu dengan beberapa orang yang tidak seneng dengan perolehan saya walau sebenarnya saya belum pernah ganggu mereka. Bersamaan dengan pengalaman saya, beberapa orang semacam ini menghalalkan semua langkah untuk menjatuhkan saya.

Dahulu sich waktu ngejalanin berasa cukup berat tetapi saat ini semua yang berlangsung di waktu dulu nyatanya cuma untuk bikin mental saya lebih kuat, sebab nyatanya saya banyak bertemu dengan beberapa orang semacam ini. Analoginya seperti binaragawan yang kerjanya latihan membuat otot. Jadi seorang binaragawan pastinya punyai jadual latihan yang seabrek-abrek. Mereka juga pasti latihan membuat otot lama serta persisten terus-terusan.

Saya menganalogika otot yang dibuat binaragawan itu dengan otot otak alias mental. Mental tidak pernah kuat jika tidak diasah, salah satunya triknya memperkuat diri saat bertemu dengan beberapa orang yang menghalalkan semua langkah untuk sukses serta bikin rugi kita. Saya bersyukur dapat mendapatkan pengalaman banyak bertemu orang seperti mereka. Jadi nantinya saya lebih siap dengan cara mental.

Butuh pekerjaan ? Cek informasi loker padang

3. Dapat mengukur potensi diri kita sebelum bersaing.

Punyai sasaran itu penting tetapi yang lebih penting ialah dapat mengukur potensi diri sebelum tentukan sasaran. Jika zaman sekolah seperti ingin jadi Juara kelas tetapi belum pernah Belajar, apa kemungkinan? Mirip contoh di atas, jika jadi binaragawan serta punyai sasaran Juara nasional pasti saja latihan tiap hari kurang, minimum latihan satu hari dapat 3-4 kali, contohnya. Nah jika latihan saja jarang-jarang mana dapat kan jadi Juara? Sama dengan dalam tempat kerja.

Bisa punyai harapan tinggi, bisa nentuin sasaran tinggi, seandainya kita punyai modal untuk sampai sasaran itu. Modal yang saya tujuan ialah jika sejauh ini Anda merasakan belum keluarkan potensi paling baik Anda, bermakna harus dikeluarkan potensi itu, “do our best”, sebab beberapa orang lain pasti lakukan hal sama.

Jadi jangan sampai pada saat tentukan sasaran seperti “pungguk merindukan bulan”, sebab jika kita tidak dapat mengukur potensi diri, kita tidak dapat tentukan sasaran yang pas sesuai dengan potensi kita.

4. Harus memahami beban kerja kita serta dapat bekerjasama secara baik

Yang namanya kerja tentu kita punyai daftar kerjaan yang perlu dituntaskan dengan cara individu serta dengan cara team. Untuk daftar kerjaan yang sifatnya harus dituntaskan dengan cara individu, cuma diri sendiri yang dapat mengakhiri. Bila kita telah mengerahkan usaha kita serta masih kesusahan, orang pertama yang dapat kita bertanya ialah bos kita.

Disamping itu ada daftar pekerjaan yang perlu ditangani dengan cara bersama dengan rekanan kerja kita lainnya. Untuk yang satu ini kita harus mempunyai jalinan yang baik dengan rekanan kerja kita terutamanya yang ada pada sebuah team yang sama. Sedapat mungkin kita kerja secara baik, tentunya harus solid jadi hasilnya pun tidak menyedihkan. Jika ada yang tidak jelas dalam mengakhiri pekerjaan, saya merekomendasikan untuk bicara baik-baik serta terus jelas.

 Jika jalinan kita tidak baik dengan rekanan kerja satu team, umumnya hasil kerja tidak begitu baik juga. Resepnya memang kita harus baik sama orang lain, sama-sama membantu hingga orang lain tidak segan-segan untuk membantu kita juga.

5. Meningkatkan values kita pada team serta orang lain

Saat kerja dalam team, umumnya pada sebuah team akan kelihatan mana yang punyai andil pada team mana yang tidak gak andil alias menumpang nama doang.

 Kita harus dapat jadi orang yang bertanggungjawab pada pekerjaan kita dimana juga kita kerja, apa dalam team atau perorangan. Seperti yang saya berikan di atas, mempunyai jalinan yang baik dengan rekanan kerja cukup penting, sebab bila rekanan kerja kita ketahui kelebihan kita,mereka tidak segan-segan bekerja bersama dengan kita.

Nanti bila kita dapat dibuktikan persisten kerja secara baik dengan beberapa orang, kelak beberapa orang ini yang bercerita kelebihan diri kitake orang lain. Hingga bila selanjutnya kita ada dalam team yang tidak sama, beberapa orang lain akan tahu kita serta kualitas kerja kita seperti apa. Ini sama saja analoginya jika ada orang baru masuk ke team yang sama juga dengan kita, kita akan berupaya cari info orang ini, baik dari karakter atau kualitas kerjanya seperti apa.

Orang yang kerjanya bagus serta attitudenya bagus umumnya akan diterima secara baik di team mana saja.

Di dunia kerja serta usaha yang benar-benar bersaing sekarang, tidak hanya attitude yang excellent, “being smart in all aspect” sangat penting. Ini sangat mungkin Anda untuk belajar serta menyesuaikan, dan lakukan yang lebih bagus dari orang lain.

Demikian posting singkat Panduan Beberapa Langkah Bersaing Sehat di Tempat Kerja, mudah-mudahan berguna.

Referensi : Jobsumbar.com