Tips Nyaman Naik Bus Malam untuk Pemula

Medan Bis Malam sebetulnya sekedar hanya arti yang seringkali digunakan orang. Ini berlangsung sebab bis tipe ini umumnya memang pergi malam hari, bentuk bis sama dari bis yang biasa yang kita melihat di siang hari.

Di sejumlah wilayah bis malam jadi diva sebab kenyamanannya serta cepatnya. Di wilayah Aceh ada banyak Bis Malam yang cukup berkualitas serta berkesan eksklusif dengan sarana yang komplet termasuk juga Wi-fi.

Di sejumlah wilayah, Bis Malam adalah salah satunya transportasi jagoan untuk pergi, terutamanya jarak jauh. Khususnya buat beberapa perantau di kota kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan serta Bandung.

Buat Anda yang tidak pernah naik bis malam, bis malam hari ini lain dengan bis kota atau AKAP. Armada2 yang dipakai umumnya armada baru dengan type "Eksekutif" sama dengan bis pariwisata atau patas.

Kursinya empuk serta bisa diselonjorkan dengan komposisi bangku 2-2, telah full AC, intertainment (VCD player, LCD monitor) serta memberi servis makan malam gratis (ada pula yang tidak) . Sebelum naik, umumnya penumpang beli ticket serta menanti dahulu di Agen sah atau di terminal. Jumlahnya penumpang juga sesuai jumlahnya ticket, jadi tidak akan bersempit-sempitan seperti di bis ekonomi.



Nah berikut beberapa panduan langkah nyaman naik Bis Malam yang saya kutip dari posting salah satunya anggota kaskus, semoga bermanfaat buat Anda erutama yang akan serta untuk pertama-tama naik Bis Malam, silakan dibaca :

1. Beli ticket jauh hari di Agen sah Tidak seperti naik bis kota/angkot yang bayar sesudah naik, naik bis malam harus beli ticket awalnya. Saya anjurkan untuk beli minimum tiga hari sebelum keberangkatan buat hindari ticket habis, khususnya saat Weekend. Lebih lama, lebih baik, ditambah lagi jika musim berlibur semester, umumnya harus beli satu minggu awalnya.

Serta jika lebaran, minimum satu bulan sebelum hari H. Ticket dapat dibeli di Agen sah baik itu di pool atau di terminal, Ticket berisi nama penumpang serta HP, nomor bangku, nomor bis, tempat duduk, jam kumpul penumpang & keberangkatan. Ticket umumnya termasuk juga untuk coupon servis makan gratis.

Bagi yang sudah terbiasa, tidak ada salahnya untuk mencoba sendiri sewa bus semarang

2. Datanglah pas waktu Seperti pesawat, bis malam mempunyai sasaran waktu pergi serta datang. Upayakan untuk hadir sebelum jam kumpul penumpang, atau paling terlambat jam keberangkatan. Jam kumpul penumpang umumnya 30 menit sebelum jam keberangkatan bis. Jika sampai terlambat 1/2 jam lebih, kemungkinan Anda akan ditinggal untuk resiko untuk menghargai penumpang lainnya.

3. Pisahkan Barang Bawaan Bernilai Bis malam sediakan bagasi buat penumpangnya, minimal satu koper besar. Buat Anda yang bawa banyak barang, upayakan untuk memisahkan barang bernilai. Saya sendiri umumnya meletakkan baju serta barang berat di koper/tas besar untuk di taruh di bagasi Bis, awalnya kita kasih sinyal / nama.

Sedang Dokumen penting serta Laptop di taruh di tas punggung serta dibawa naik di bis. Simpan tas di muka bawah bangku. Ya sedikit kurangi kenyamanan tapi lebih aman sebab ada dijangkauan kita. Untuk oleh2 seperti makanan umumnya saya simpan di rack di atas bangku.

4. Bawa serta air minum serta makanan ringan Walau sebagian besar bis malam sediakan servis makan, disarankan untuk bawa makanan, minimal air minum. mengapa? sebab waktu makan malam rata2 2-3 jam sesudah bis pergi, tentu saja lama waktu itu dapat buat Anda kelaparan. Beberapa Bis malam sediakan air minum serta makanan ringan dengan gratis. Serta yang penting, jangan bawa serta makanan bau tajam.

5. Jangan buang ticket sesudah naik bis Sesudah naik bis, masih taruh ticket sampai di dalam rumah makan sebab ditukar untuk coupon servis makan di dalam rumah makan.

6. Gunakan jaket serta kaos kaki Gunakanlah jaket serta kaos kaki sebab AC di bis umumnya diset cukup dingin, IMHO lebih dingin dari mobil pribadi. Pengalaman suhunya di set 21 C - 19 C. Faksi bis umumnya telah sediakan selimut, tapi ya lebih 'sreg' jika kita gunakan jaket sendiri.

7. Irit baterei HP Di bis semalaman umumnya buat jemu, ditambah lagi jika Anda tidak dapat tidur. Serta HP umumnya untuk jalan keluarnya. Tetapi ingat Gan, jangan boros pakai HP waktu di bis, ditambah lagi sampai main COC + dengarkan musik + Streaming Video .

Kemungkinan jika buat dengarkan musik lewat Heatset tidak akan ngabisin baterei. Intinya janganlah sampai pagi datang ditujuan, Anda ingin telpon teman buat jemput, HP tidak ada baterei. Salah satunya jalan keluarnya kemungkinan bawa powerbank sendiri.

8. Pesan Crew Bis untuk memperingatkan Buat Anda yang tidurnya senang kebablasan atau jika tidur seperti mayat, sulit dibangunin, saya anjurkan meminta tolong ke crew bis (kernet) buat bangunin waktu datang di arah Anda. Terkecuali arah Anda adalah penghentian paling akhir Bis

9. Bawa serta barang bernilai waktu makan Saat Bis berhenti di dalam rumah makan, harus buat bawa barang bernilai Anda. Di dalam rumah makan banyak bis lain serta orang hilir mudik, disini tidak tutup peluang bisa digunakan oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

10. Toilet Bis cuma untuk buang air kecil waktu bis berjalan Toilet bis memang sebetulnya sifatnya emergency saja, jadi hanya bisa dipakai untuk buang air kecil. Itu juga cuma waktu bis berjalan. Saat bis berhenti di dalam rumah makan atau SPBU, dianjurkan untuk buang air di toilet umum. Janganlah lupa untuk izin crew bis agar tidak ditinggal.

11. Bawa headset untuk beberapa penumpang, terkadang kurang senang dengarkan musik, atau beberapa masalah musik yang dimainkan di bis tidak sesuai hasrat. di sini heatset dapat Anda buat jadi pilihan untuk dengarkan musik dari HP Anda sendiri, atau minimal buat menutup kuping dari suara2 yang kurang Anda senang

12. Jangan bawa serta pulang bantal serta selimut yang disiapkan Meskipun remeh serta telah ada peringatan untuk dilarang bawa pulang bantal serta selimut. Terkadang masih kita dapatkan sebagian orang yang bawa serta selimutnya turun. Tidak tahu apa memang tidak punyai selimut atau ngefans sekali sama selimut yang ada tulisan POnya . Tetapi yang pasti itu punya bis yang perlu dibiarkan saat penumpang turun dari bis.

Demikian posting Panduan Langkah Nyaman naik Bis Malam, mudah-mudahan berguna buat pembaca sekaligus

Artikel ini diedit dan disadur melalui situs : https://fajrialhadi.com/sewa-bus/